· Priview tentang SQL Plus
SQL *Plus adalah alat permintaan interaktif dan batch yang diinstal dengan setiap Oracle instalasi database. Memiliki perintah berbasis user interface, Windows Graphical User Interface ( GUI ) dan antarmuka pengguna berbasis web iSQL * Plus.
Ada juga SQL * Plus Klien Instan yang berdiri sendiri antarmuka baris perintah yang tersedia pada platform yang mendukung OCI Instant Client .SQL * Plus Klien Instan menghubungkan ke database Oracle yang tersedia , tetapi tidak memerlukan instalasi database Oracle sendiri .
SQL *Plus memiliki perintah dan lingkungannya sendiri, dan menyediakan akses ke database Oracle . Hal ini memungkinkan Anda untuk memasukkan dan mengeksekusi SQL ,PL/SQL , SQL * Plus dan sistem operasi perintah untuk melakukan hal berikut:
· Format ,melakukan perhitungan pada ,menyimpan,dan mencetak dari hasil query.
· Memeriksa tabel dan objek definisi.
· Mengembangkan dan menjalankan batch script
· Lakukan administrasi database
Anda dapat menggunakan SQL *Plus untuk menghasilkan laporan secara interaktif, untuk menghasilkan laporan sebagai proses batch, dan output hasil ke file teks, untuk layar, atau file HTML untuk browsing di Internet. Anda dapat menghasilkan laporan secara dinamis dengan menggunakan fasilitas keluaran HTML dari SQL *Plus, atau menggunakan kemampuan pelaporan dinamis iSQL * Plus untuk menjalankan script dari halaman web.
Koneksi ke database Oracle7 dari SQL * Plus 10,2 tidak didukung .
· Siapa yang Dapat Menggunakan SQL * Plus
SQL * Plus ,SQL ,dan PL bahasa / SQL perintah yang cukup kuat untuk melayani kebutuhan pengguna dengan beberapa pengalaman basis data, namun cukup sederhana bagi pengguna baru yang baru belajar untuk bekerja dengan database Oracle.
SQL * Plus bahasa mudah digunakan . Misalnya, untuk mengubah nama kolom berlabel LAST_NAME dengan judul " Nama" , masukkan perintah:
COLUMN LAST_NAME HEADING 'Family Name'
Demikian pula, untuk daftar definisi kolom untuk tabel KARYAWAN, masukkan perintah:
DESCRIBE EMPLOYEES
Untuk memasukkan data ke dalam
table, anda bisa menggunakan perintah "INSERT
INTO". Perintah ini akan kita bahas
detail pada tutorial kali ini.
Catatan:
- Ketika kita ingin
memasukkan/insert data ke dalam suatu table, kita harus memastikan
terlebih dahulu bahwa data yang kita masukkan sesuai dengan tipe data yang
ada dikolom table tersebut.
- Apabila kolom di table itu
mempunyai tipe constraints NOT NULL,
maka anda tidak boleh memberikan nilai null pada kolom tersebut.
- Anda harus memberikan perintah COMMIT setelah proses Insert Data, agar data masuk ke table.
Ada 2 jenis perintah Insert data ke
table, yaitu:
- INSERT dengan VALUES Statement.
- INSERT dengan SELECT Statement.
Kedua jenis perintah Insert diatas,
akan kita bahas lebih detail di bawah ini.
INSERT Dengan VALUES Statement
Untuk menggunakan INSERT dengan
VALUES statement, anda bisa menggunakan sintak di bawah ini:
INSERT
INTO table
(column1,
column2, ... )
VALUES
(expression1,
expression2, ... );
Misalkan anda mempunyai sebuah table
MAHASISWA dengan struktur berikut:
Kolom
|
Tipe
Data
|
Length
|
npm
|
varchar2
|
10
|
nama
|
varchar2
|
30
|
tempat_lahir
|
varchar2
|
30
|
tanggal_lahir
|
date
|
|
gender
|
char
|
1
|
jurusan
|
varchar2
|
30
|
Silahkan anda jalankan script
berikut untuk membuat table MAHASISWA seperti diatas.
1
|
CREATE TABLE MAHASISWA
|
|
2
|
(
|
3
|
NPM
VARCHAR2(10 BYTE),
|
4
|
NAMA
VARCHAR2(30 BYTE),
|
5
|
TEMPAT_LAHIR
VARCHAR2(30 BYTE),
|
|
6
|
TANGGAL_LAHIR
DATE,
|
7
|
GENDER
CHAR(1 BYTE),
|
|
8
|
JURUSAN
VARCHAR2(30 BYTE)
|
9
|
)
|
Anda bisa memasukkan data ke table
MAHASISWA diatas dengan cara berikut ini:
1
|
INSERT INTO MAHASISWA
(npm, nama, tempat_lahir, tanggal_lahir, gender, jurusan)
|
2
|
VALUES ('201482738','Nani
Indriyani','Brebes','12-JAN-1990','P','Bahasa Inggris');
|
3
|
|
|
4
|
INSERT INTO MAHASISWA
(npm, nama, tempat_lahir, tanggal_lahir, gender, jurusan)
|
5
|
VALUES ('201498989','Ahmad
Fatoni','Jakarta','01-MAR-1995','L','Teknik Informatika');
|
|
6
|
|
7
|
COMMIT;
|
1
|
SELECT *
FROM MAHASISWA;
|
Perintah SELECT diatas akan
menampilkan data di table MAHASISWA seperti berikut.